Free Books For You

eBook “The Right Marketing Questions: 43 Studi Kasus Pemasaran Indonesia dan Internasional”

E-book ini disusun dari posting dari penulis pada blog di http://kopicoklat.com pada kurun waktu Juni 2009 sampai dengan Juli 2011. Terdapat 43 studi kasus pemasaran, baik dalam lingkup Indonesia maupun Internasional.43 Studi kasus pemasaran tersebut dibagi dalam … bagian. Bagian pertama adalah “Perubahan” yang berisi studi kasus yang terkait The Age of Turbulence. Istilah tersebut digunakan oleh Philip Kotler untuk menggambarkan lingkungan bisnis yang terus berubah cepat saat ini. Bahkan, judul bukunya menggunakan istilah Chaotics untuk menunjukkan bagaimana perubahan menjadi semakin sulit untuk dapat diprediksi. Buku “Chaotics” yang disusun bersama John A. Caslione dirilis pada saat masa krisis ekonomi global yang dimulai dari krisis finansial di Amerika pada tahun 2008.Bagian kedua bertajuk “Inovasi”, Peter F. Drucker, pakar manajemen dunia, pernah mengatakan: “”Because the purpose of business is to create a customer, the business enterprise has two–and only two–basic functions: marketing and innovation. Marketing and innovation produce results; all the rest are costs.”Bagian ketiga kita sebut dengan “Tantangan New Wave Marketing”.  New Wave Marketing adalah konsep pemasaran yang digagas oleh Hermawan Kartajaya. Konsep ini dikembangkan salah satunya untuk menjawab perubahan lingkungan bisnis. Dimulai dari deskripsi dari Thomas L. Friedman, dalam bukunya mengungkapkan “The World is Flat” untuk menggambarkan dunia sebagai “level playing field” di mana semua kompetitor mempunyai kesempatan yang sama di pasar global. Kemudian Hermawan Kartajaya mengungkapkan, “the world is still round, but the market is already flat”. Konsekuensinya terdapat perubahan paradigma dalam pemasaran menuju “many to many marketing”. Konsekuensi ini merupakan antisipasi karena pasar yang semakin datar, menyebabkan cara pemasaran juga ikut berubah. Perubahan dari dominasi cara pemasaran vertikal menjadi lebih horizontal. Studi kasus pemasaran yang ada dimulai dari tantangan untuk dapat mewujudkan implementasi pola pemasaran ini sampai dengan kajian implementasinya di beberapa industri.

Bagian keempat mendiskusikan tentang “Fondasi Marketing 3.0″. Lagi-lagi bab ini menggunakan konsep yang melibatkan Philip Kotler, yaitu Marketing 3.0. Dalam Marketing 3.0, konsep intinya adalah evolusi dari product-driven market pada Marketing 1.0, menjadi Differentiation pada Marketing 2.0 dan kemudian pada Marketing 3.0 bergeser ke Value of Product to Consumers Emotion. Jadi salah satu kata kuncinya adalah ”emosi”, seperti pada sub judul bukunya, “From Products to Customers to the Human Spirit”.

Bagian kelima khusus tentang “Dinamika Industri ICT”. Kenapa harus industri ICT? Sejauh pengamatan saya, industri ini mempunyai dinamika yang luar biasa. Mengikuti perubahan di dalam industri ini akan sangat menarik. Tiap hari hampir tanpa berita dinamika industri yang menarik.

Bagian keenam mengani “Kompetisi”. Bagian ini kita akan melihat dinamika perubahan, inovasi, aplikasi new wave marketing atau bahkan marketing 3.0 pada industri lain. Karena kompetisi yang ketat, bahkan super ketat, tidak hanya terjadi di industri ICT.

 

Silakan dapatkan, baca, download bukunya di http://www.scribd.com/doc/99665431/The-Right-Marketing-Questions-43-Studi-Kasus-Pemasaran-Indonesia-dan-Internasional atau di  http://kopicoklat.com/download/The_Right_Marketing_Questions.pdf. Have a great and joyful learning, please feel free to give any comments and feedbacks.

  • You may use these HTML tags: <a> <abbr> <acronym> <b> <blockquote> <cite> <code> <del> <em> <i> <q> <strike> <strong>

  • Comment Feed for this Post
Go to Top